Rabu, 15 Juli 2009

Karya Sastra Indonesia masih adakah?

Saya bersyukur sekali masih tau karya satra Indonesia karangan sastrawan-sastrawan kenamaan Indonesia. Buat saya itu warisan tak ternilai entah masih ada bentuk fisiknya atau hanya berupa ingatan di kepala kita. Dan gw juga masih inget gimana gw dulu dapet tugas untuk bikin resensi dari karya sastra tertentu waktu gw SMP.
Generasi sekarang mungkin nggak pernah tau siapa itu SUTAN TAKDIR ALISYAHBANA, MARAH RUSLI, SANUSI PANE, HAMKA, dan sebagainya. Saya bukan cuma sekedar tau tapi saya angsung bukunya..

Gimana sebuah cerita bisa dibangun dengan bahasa yang begitu indahnya, tanpa mengurangi makna cerita dan tanpa merusak alur cerita, hebatnya lagi emosi kita masih bisa terbangun selama kita membaca karya sastra tersebut (dulu saya ingetnya disebut ROMAN).

Sekarang mungkin nggak ada karya sastra yang bisa jadi bacaan wajib siswa sekolah dan pantas disejajarkan dengan karya sastra jaman saya remaja dulu. Ada nggak ya?

Tidak ada komentar: