Rabu, 26 Januari 2011

Heboh UFO dimana-mana!

"Pola lingkaran misterius yang dikenal dengan istilah Crop Circle yang ditemukan di lahan pertanian Sleman, Yogyakarta, perlu dibuktikan apakah itu ulah manusia, faktor alam, atau jejak UFO. Nyatanya meski Crop Circle banyak ditemukan di sejumlah tempat di bumi ini, fenomena itu tetap menjadi teka-teki"
Tulisan diatas merupakan kutipan dari berita di harian Kompas kemarin. Selalu menarik untuk dibahas segala hal yang berkaitan dengan UFO, dan ini adalah kali sekian hal tersebut terjadi. Yang menjadikan ini lebih menghebohkan adalah tempat kejadiannya yang kebetulan di Indonesia, sehingga seolah-olah semua orang mendadak "demam UFO". 
Dalam kutipan tadi juga dijelaskan mengapa dalam setiap peristiwa munculnya lingkaran geometris di tengah lahan pertanian, selalu dikaitkan dengan adanya "alien" atau makhluk luar angkasa. Kondisi ini terjadi karena pola lingkaran yang muncul rumit, sangat simetris, terjadi dalam waktu yang singkat, dan berlangsung di tempat gelap. Pada 1991, Doug Bower dan Dave Chorley mengaku bertanggung jawab atas pola-pola geometris di tengah ladang di Inggris. Mereka membuat itu agar orang-orang berpikiran bahwa "alien" pernah mendarat di tempat itu.
Pertanyaannya kalau memang itu adalah rekayasa mengapa bisa begitu rapi dan simetris. Seperti kita tahu membuat lengkung sempurna tanpa alat bantu adalah hal yang cukup sulit. Saya pribadi tidak pernah bisa membuat lengkung sempurna tanpa alat, saya perlu koin atau jangka untuk membuat lingkaran, busur untuk membuat setengah lingkaran, dan alat bantu penggaris lengkung (saya lupa namanya, dulu saya pakai ketika mata kuliah gambar teknik) untuk membuat lengkung kecil. Membuat lengkung di atas kertas yang ukurannya terbatas saja sudah sulit apalagi jika harus membuat lengkung sempurna diatas lahan pertanian seluas itu, tentu butuh keahlian tinggi pembuatnya. Apapun itu hal ini masih terus menjadi teka-teki dan fenomena yang selalu menarik untuk dibahas dan diamati. 
Tadinya saya mau tambahkan videonya disini, tapi ternyata loadingnya lambat sekali bahkan hanya untuk meminta ijin share saja. Jadi buat teman-teman blogger yang ingin melihat videonya, silahkan mengakses alamat dibawah ini :
vod.kompas.com/mistericircle


Tidak ada komentar: