Jumat, 07 Mei 2010

Ikhlaskan semuanya pada Allah

Selama hidup sering merasa tidak ikhlas ternyata tidak membuat beban hidup berkurang karena menuntut sesuatu yang kita rasa seharusnya menjadi hak kita tapi tidak bisa kita dapatkan. Justru sebaliknya hal itu akan menambah beban pikiran kita yang menimbulkan satu pertanyaan besar.
"Kenapa hal ini terjadi pada saya?" atau
"Kenapa harus saya yang mengalami ini?" atau
"Kenapa hanya saya yang terus-menerus gagal dan menanggung semua kesalahan?"
Diakui atau tidak pertanyaan itu sering muncul dalam benak kita. Dan semakin keras kita mencoba mencari jawabannya maka semakin beratlah rasanya beban yang kita pikul saat itu.
Lalu kenapa kita tidak ikhlaskan saja suratan hidup yang harus kita jalani agan beban itu tak lagi terasa berat. Biarkan hidup kita mengalir seperti aliran sungai yang dengan bebas meliuk-liuk mengikuti jalan yang harus dilaluinya. Maka air sungai itu akan sampai juga ke laut sejauh apapun dia dari puncak gunung tempatnya berasal.
Jalanilah hidup kita dengan ikhlas, kerikil-kerikil tajam hanya penghalang sebagai batu ujian yang akan menambah pengalaman dan memperkaya hidup kita.
Jadi ikhlaslah dalam menjalani hidup sebesar apapun ujian yang datang. Yakinlah bahwa kemudahan dan kebahagiaan menanti dibalik sana.
Insya Allah!
Insya Allah!
Insya Allah!

2 komentar:

Semangat mengatakan...

Setiap persoalan ada solusi spritualnya. Jika direnung-renungi, kebanyakan persoalan itu muncul saat hubungan kita dengan Allah merenggang

perempuan biasa mengatakan...

semangat: memang benar