Sabtu, 21 Agustus 2010

Saya manusia biasa...

Memberi maaf itu sulit, apalagi jika hati kita masih dipenuhi dengan amarah apalagi dendam. Maka perlu  hati  yang cukup besar untuk bisa memberi maaf. Saya sering berada dalam situasi tersebut dimana kata dan hati berjalan tidak seiring, saat dimana lisan saya memberi maaf namun hati saya masih memendam rasa marah, kecewa, dan rasa tidak senang. Lalu apakah kata "maaf" yang saya ucapkan dengan tidak ikhlas itu akan dapat meleburkan dosa-dosa saya? Tentu saja tidak..Tidak seujung kukupun..lantas kenapa saya masih sering melakukannya?..karena manusia senang berbuat dosa..dan saya hanya manusia biasa yang tak luput dari dosa....
Namun tahukah anda, apa yang lebih sulit dilakukan daripada "memberi maaf"?...
Itu adalah 'meminta maaf'' dan lagi-lagi saya sering berada dalam situasi seperti ini..Saat harga diri dan gengsi melebihi keinginan tulus untuk meminta maaf, maka saya lebih memilih diam dan menarik diri dari suatu konflik.
Apakah itu menyelesaikan masalah?..Sekali lagi tidak, tapi kenapa saya juga masih terus melakukan?..
Jawabannya..adalah lagi-lagi karena saya hanya manusia biasa yang tak luput dari salah...

12 komentar:

loecky mengatakan...

Salam kenal. maaf lahir bathin ya.. :)

perempuan saja mengatakan...

salam kenal juga dan sama-sama saya juga minta maaf... :)

konsultan warnet mengatakan...

hem...nice info sob..emang meminta maaf..susah di kerjakan

perempuan saja mengatakan...

iya sob..emang bener :)

Aby mengatakan...

mumpung lagi ngebahas masalah maaf ni mbak, aby minta maaf ya mbak
kali2 aja ada salah yang disengaja atau gak sengaja
hehe

Warna Tulisan mengatakan...

benar sahabat, banyak diantara kita yang masih bermasalah dengan kata maaf ...

perempuan saja mengatakan...

aby : sama2 Aby..aku juga minta maaf ya..:)

perempuan saja mengatakan...

Warna tulisan : iya bener sahabat..membuat aku merasa tidak sendirian..thanks ya atas commentnya

Belantara Indonesia mengatakan...

sepatu gunung penting...no 2 setelah Allah Ta'alla...yg lain? ga penting termasuk...ya semua gak terkecuali...(jawaban untuk pertanyan di cbox ku..) dan kalo ada jawaban dari komenku ya bagusnya pasang link nya biar pas...

perempuan saja mengatakan...

belantara indonesia : maaf 1000x

windflowers mengatakan...

kunjungan perdanaku mba...:)

meminta maaf dan memberi maaf, memerlukan keikhlasan...dan juga butuh proses, pastinya...

aku jg pernah posting hal ini mba..
http://meworldwords.blogspot.com/2010/08/memaafkan-dan-meminta-maaf-filosofi.html

silakan jika mba berkenan menengoknya...:)

salam persahabatan...

perempuan saja mengatakan...

terima kasih mbak..salam kenal juga :)