Rabu, 28 Juli 2010

DEWEY, si kucing perpustakaan di IOWA



Novel yang berjudul Dewey ini berasal dari nama seekor kucing yang telah menjadi simbol "kucing perpustakaan" yang dicintai banyak orang dari seluruh dunia. Saya membaca novel ini kira-kira dua tahun yang lalu, bukan karena saya juga memelihara kucing, tapi karena kisahnya yang benar-benar menyentuh dan menginspirasi banyak orang tentang ketulusan cinta dan kasih sayang dengan banyak pengorbanan dan kebahagiaan yang didapat dari hubungan tersebut.

Bagaimana mungkin seekor kucing buangan mengubah sebuah perpustakaan kecil menjadi daya tarik wisata, memberi inspirasi penduduk sebuah kota, mempersatukan warga di seluruh kawasan, dan pelan-pelan menjadi terkenal di seluruh dunia?

Kisah Dewey dimulai dengan cara paling menyedihkan. Umurnya baru beberapa minggu ketika pada malam terdingin tahun itu dia dimasukkan ke sebuah kotak pengembalian buku Perpustakaan Umum Spencer, Iowa, oleh orang tak dikenal. Dia ditemukan keesokan harinya oleh direktur perpustakaan, Vicki Myron, orangtua tunggal yang berhasil bertahan dari kehilangan tanah pertanian, penyakit kanker payudara, dan suami yang kecanduan minuman keras. Dewey kemudian berhasil mencuri hatinya dan hati para pegawai perpustakaan, serta menaklukkan mereka semua dengan kasih sayang.
Saat ketenarannya berkembang dari kota ke kota, melintasi berbagai negara bagian, dan akhirnya merebak ke seluruh dunia, Dewey menjadi sumber kebanggaan bagi sebuah kota pertanian yang bangkrut di pedalaman Amerika dan membuatnya bangkit dari krisis berkepanjangan yang berakar jauh ke masa silam.
Buku yang diangkat dari kisah nyata ini sangat menyentuh hati, sekaligus lucu dan memberi inspirasi bagi para pembacanya untuk berpikir positif di tengah segala kesulitan hidup.

Semoga buku ini bisa menginspirasi pembaca untuk menyayangi hewan sebagai makhluk Tuhan yang tinggal di bumi yang sama dengan kita...

18 komentar:

Blog Bisnisku mengatakan...

jadi kepingin baca nich bukunya..apa ceritanya sama seperti hachiko: kisah anjing yang juga begitu menyentuh perasaan.

perempuan saja mengatakan...

iya kurang lebih begitu.. tapi si Dewey terpaksa harus disuntik mati diusianya yg ke 19 karena pemiliknya ga tega liat dia menderita diusia tuanya... :(

Aby mengatakan...

kayak apa ya ceritanya?
jadi penasaran ni

perempuan saja mengatakan...

garis besar ceritanya seperti ulasan di postingan aku ini...si Dewey kecil itu terus jadi kucing perpustakaan karena tinggal di perpustakaan ..tiap kali pemiliknya datang untuk bekerja di perpustakaan itu si Dewey udah nyambut di depan pintu yang berkaca..dan berhasil mencuri hati para pengunjung dan pegawai perpustakaan..dan lika-likunya baca aja bukunya. pasti ada di toko buku besar di Indonesia ini. nanti kalo aku ceritain semua disini ga kelar sampe besok.. thx ya dah comment :)

bayu mengatakan...

dri sinopsisnya aja kayaknya bagus nich buku, klo ada filmnya pasti juga bagus juga

Aby mengatakan...

mampir pagi-pagi ni sob
hihi :)

Aby mengatakan...

mampir pagi-pagi ni sob
hihi :)

perempuan saja mengatakan...

@Bayu : iya emang bagus, baca aja deh pasti ga nyesel, thx ya dah comment
@Aby : pagi-pagi dah mampir aja,ga ada kerjaan pak? hehe

all : thanks

suryadewa mengatakan...

w nyari kaga nemu2 huhuhuhu dn yah dptinya?

perempuan saja mengatakan...

@suryadewa :di Gramedia ada..nyari buku kan? asal bukan nyari cewe aja..kalo gitu sih emang ga ada..ga ada yg mau maksudnya hahaha..pis ah..
:)

Aby mengatakan...

berkunjung pagi sobat
pagi yang panas...

perempuan saja mengatakan...

thank you aby..baik banget deh pagi-pagi dah berkunjung..iya nih panas banget.

suryadewa mengatakan...

mba cboxnya belum bisa mba.. coba mba masuk cbox nya di web .. mba klik home trus unlock nya di klik .... hehehe cbox lebih bagus kykna dr shoutmix sejak shoutmix trouble mba... nah trus pake domain itu co.cc , cz.cc [dot] tk gitu biar simple aja namanya mba.. apalg kalo [dot] com lebih cepat terindex google hehehe .. tp saya jg newbie mba...

perempuan saja mengatakan...

ok deh nanti aku coba, pokoknya aku praktekkin sebaik mungkin semampuku..thanks ya infonya..

Aby mengatakan...

malam sobat
aby berkunjung lagi nih :-)

perempuan saja mengatakan...

malem juga aby..thank you..:)

Aby mengatakan...

masalah siapa yg liat profile fb kita , saya jg gak tau kang

perempuan saja mengatakan...

iya aby ga apa-apa, cuma sekarang masalahnya kenapa manggil gue kang? gue cewe kali..ah si aby ini gimana sih de'..(sambil garuk-garuk kepala padahal ga gatel)